Selasa, 09 Oktober 2012

Pendakian Gunung Batur

hari ini saya lagi mood bercerita, jadi saya ingin menceritakan pengalaman saya dengan senang hati dan tanpa rasa pegal dalam mengetik artikel ini hahahaha. karna biasanya, jangankan ngetik artikl sepele gini, tugas sekolah aja biasanya copy paste. Maklum anak SMA jaman sekarang hahaha. *loh kok malah ngawurr -___-.

Oke saya mau berecerita,ketika itu masih dalam suasana liburan Hari raya Galungan dan Kuningan. Pada Awalnya rencana untuk mendaki ini sudah dirancang jauh jauh hari sebelum liburan. Namun ketika pada hari yang telah dijadwalkan datang, ternya banyak temen temen yang berhalangan hadir. Alasannya macem macem bro, Macam kita belanja di warung masakan padang tuh ! Mulai dari dilarang orang tua hingga berhalangan akibat kesebelan (suatu masa ketika kita dianggap berkabung, karena ada sanak keluarga meninggal). Nah di sana sebenernya saya ngerasa kecewa yang teramat dalam *ajegile puitis bgt :$* kecewa lantaran rencana yang udah saya atur sedimikian rupa batal.

Namun, semangat saya untuk rencana pendakian ini sangatlah menggebu-gebu, makadari itu saya mengajak personil lain untuk melaksanakan ekspedisi ini. Ternyata banyak yang terpengaruh sama sugesti saya, hahaha. jadinya, saya mengatur kembali rancangan pendakian ini, harinya saya tentukan H+2 dari hari yang telah direncanakan sebelumnya.

Oke, Alkisah di H-1 saya mulai mengkontek-kontek (menghubungi) temen temen yang bersedia menjadi follower saya, yakni bhaskara, pay, kecek, ocid, agastya, yoga linuk, dp, serta 2 temen baru yang diajak sama ocid, yakni ade, dan agus. Nah, karna rumah kami sangatlah berjauhan, kami mrngambil tempat yakni sekolah kami SMAN 1 Gianyar, sebagai tempat kami berkumpul. Karena rencana kami tidak bermalam di Batur, kami berangkat dari gianyar pukul 03.00 Pagi. Namun temen teen yang notabena jauh dari kota gianyar, mengambil inisiatif untuk bermalam di SMAN 1 Gianyar, hanya saya pay,bhaskara kecek dan yoga linuk yang nginep dirumah saya.

Oke, Jam udah menunjukan pukul 02.00 Dini hari, saya beserta teman teman yang lain bergegas menuju SMAN 1 Gianyar, untuk berkumpul serta ngisi peryt dulu sebelum meluncur ke TKP.
Kebetulan karna jamnya sangatlah teramat pagi, disanalah moment kami selama hampir 3 tahun, nyampe di sekolah paling awal dari makhluk2 yang lainnya. hahaha.

Dengan semangat yang begitu besar namun bertolak belakang dengan pengalaman mendaki. kami meunuju ke kawasan kaldera Gunung batur. Kami sampai disana kiara kira pukul setengah lima pagi. seperti biasa, sesampainya disana kmi tersesat mencari jalur pendakian, kurang lebih sekitar 30 menitan. inilah hal yang terseru bagi kami, LAKI bro ! akhirnya kami menemukan sebuah tempat yang kami rasa sebagai tempat untuk berkumpulnya guide lokal, pemandu orang yang mendaki. kami disana dikenakan iuran sebesar Rp. 10.000,- perorang sebagai biaya administrasi "tiket masuk". oke saatnya untuk mengetes jati diri, LAKI ! hahaha

Namuun, setelah urusan administrasi usai, kamipun cepat cepat bergegeas munuju  jalur pendakian, supaya enggak telat untuk melihat sunrise dipuncak gunung. Dan kamipun mengambil inisiatif membawa motor menuju jalur pendakian, dan kampun tersesat lagi. setelah sepuluh menitan uter muter, kamipun nyerah dan dengan nkat kami mengambil jalur pendkian sendiri, dan syukur astungkara. kami pun sampai di sebuah titik bertemunya kami dengan para pendaki laiinya, kebanyakan dari wisatawan luar negeri, (biasa BALI). Kamipun gembira, hahaha

Selama perjalanan kamipun berpacu dengan waktu, agar sesampainya kita di puncak kita bisa merasakan keindahan matahari terbit dari puncak tertinggi ke 3 di Bali. Waktu kami terkuras banyak di acara tersesat di jalan. ya ampunnn.
Oke, pukul 05.30 matahari mulai mununjukkan sinarnya, kamipun sampai di titik pertama, bukan puncakkkk ! sial -_-

Dan akhirnya setelah golden hour usai, kami bergegas berangkat menuju paling puncak di gunung batur ;). WOW, idaaaahhh disanalah moment saya mengerti betapa besar kuasanya, menciptakan alam ini sedimikian rupa idahnya ! GAK PERLU KELUAR NEGERI BRO, DISINI JUGA ADA ! ENJOOYYY